Monday, December 10Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Anak Suka Berteriak Di Tempat Umum, Ini Cara Mengatasinya

Anak suka berteriak di tempat umum, ini hal wajar apalagi jika mendapatkan pengalaman baru. Namun ini bisa jadi masalah, apalagi jika di lakukan ditempat khusus, misalkan tempat ibadah, bioskop dan toko buku. Dimana tempat ini membutuhkan ketenangan, sehingga anak-anak sebaiknya tidak berteriak sekencang kencangnya.

Orang tua diharapkan bisa mendisiplinkan anak, jika jeritan hanya terjadi sekali maka semua orang akan lumrah dan memberikan kewajaran, namun jika anak membuat teriakan berupa tangisan, ini tentu sudah membuat orang lain terganggu. Banyak orang tua yang langsung menyebutkan ‘sssttt’ sambil menaruh jari telunjuk di depan mulut, beberapa anak akan mengerti dan segera diam. Namun sisanya akan mengamuk.

Jangan melakukan tindakan kasar, seperti membungkam mulutnya atau mencubit, ini tidak banyak membantu malahan membuat anak semakin kencang berteriak. Selain itu, jangan juga melakukan tindakan bullying dengan kata-kata kasar suatu hari nanti anak akan melakukan hal serupa pada Anda nantinya.

4 Cara Mudah Mengatasi Anak Suka Berteriak di Tempat Umum

  1. Stop

    Ini langkah awal untuk mengatasi anak yang terteriak, orang tua bisa mengatakan berhenti, stop dan hop. Sehingga fokus anak akan berpindah dan mengerti jika apa yang dilakukan salah, ini paling tepat dikatakan pada anak-anak yang suka berusia 7 hingga 8 tahun, atau sudah memasuki bangku sekolah. Dimana hal tersebut juga dilakukan di sekolah oleh para guru.

  2. Squat (Berjongkok)

    Ini merupakan tindakan mensejajarkan ketinggian dengan anak, bahkan langsung menatap matanya untuk bertanya ada apa, kenapa harus berteriak. Hal ini sangat efektif dilakukan untuk mendiamkan anak usia 1 hingga 4 tahun, dimana belum bisa berinteraksi dengan mudah kecuali menangis dan berteriak.

    Baca juga : Menjenguk Bayi Baru Lahir Pahami Etika Agar Tidak Membuat Sang Ibu Bete

    Penyebabnya kadang mudah, merasa lapar, ingin buang air kecil atau besar bahkan popoknya terasa penuh. Ini hal wajar, sehingga tidak perlu melakukan tindakan kasar. Karena anak-anak jika diberikan pengertian berulang kali akan mengerti dan bisa diperlakukan seperti orang dewasa, hal pembelajaran yang sebaiknya ditanamkan sejak dini.

  3. Stthhhh

    Ini langkah ketiga jika anak suka berteriak sembarangan, lakukan dengan cara berjongkok dan bisikan pada telinganya, agar anak mengerti jika dia yang melakukan kesalahan. Ini bahkan memberikan dampak positif dari segi mental, dimana anak akan menjadi lebih tenang.

    Bahkan orang tua tidak perlu mengirimkan sinyal yang sulit untuk membuat anak kembali tenang, bahkan hal tersebut akan diikutinya dan tahu jika yang dilakukan salah. Anak juga tidak akan mengganggu orang lain, mulai mencoba untuk mengerti jika tindakannya salah dilakukan sekarang ini dan bisa jadi tidak akan diulangi kembali.

  4. Sing

    Ini hal yang harus dilakukan orang tua pada anak-anak yang sudah mulai lapar atau kepanasan, keadaan yang tidak nyaman tentu membuat anak akan mulai berteriak, menangis untuk mengungkapkan perasaannya. Kenapa tidak mencoba membuat nada kecil dari teriakannya yang lebih pelan, ini akan membuat anak-anak tertarik.

    Hal tersebut biasanya dilakukan para laki-laki, dengan cara menggendong buah hati agar tidak lagi menangis dan mengalihkan perhatiannya. Selain itu, cobalah untuk melakukan aktivitas lain untuk mengalihkan perhatian, hal ini terbukti lebih ampun dari pada marah-marah atau melakukan tindakan yang kurang menyenangkan.

Bukan hal sulit untuk menerapkan cara mengatasi anak suka berteriak di tempat umum, bahkan bisa mengajarkan kesopanan dan tahu tempat bermain sejak dini. Berikan pemahaman terus menerus, karena anak tidak akan mengerti dengan satu perintah saja. Bahkan berikan reward menarik, ini akan lebih di sukai anak-anak.

Related Post

Bahaya Asap Rokok! Ternyata Bisa Sebabkan Komedo d... Bahaya asap rokok bukan hanya akan menyerang perokok aktif, namun dampak negatif banyak dirasakan oleh perokok pasif di sekitarnya. Hal ini tentu saja...
Game of Thrones, Rajai Emmy Awards 2018 Dengan 22 ... Game of Thrones  memang terbukti sebagai drama series terlaris di dunia, pasalnya dalam ajang Emmy Awards 2018 mendapatkan nominal paling banyak dan d...
Selamat Atas Pernikahan Matthew Lewis dan Angela Penggemar Harry Potter akan bersedih, pasalnya salah satu aktor tampan yang berperan sebagai Neville Longbottom mengakhiri masa lajang di usia 28 tahu...
Inilah Preview Teknologi Ter-Anyar Iphone X: The F... iPhone X atau dibaca iPhone Ten baru saja dipresentasikan untuk pertama kalinya di dunia lewat Apple Special Event tengah malam barusan. Acara yang ...