Tuesday, September 25Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Anak Bandel, Ini Cara Menasehati yang Tepat Untuk Ibu Cerdas

Anak bandel, ini adalah istilah untuk menyebutkan anak yang sudah nakal. Walaupun sebenarnya tidak ada anak nakal, hanya ingin mengambil perhatian orang tua saja. Dimana sering kali diabaikan dan merasa kurang perhatian, biasanya terjadi karena sudah memiliki adik atau orang tua akan sibuk dengan urusan pekerjaan.

Anda mungkin termasuk orang tua yang sering kali dibuat kesal dengan ulah anak, sudah jelas sebagai orang tua harus bisa mengendalikan anak dengan baik. Banyak yang sudah kehilangan kesabaran akan berbuat kasar, baik dari segi verbal dan fisik. Hal ini terbukti tidak akan membuat anak jera, namun semakin berani.

Anda membutuhkan pendekatan berbeda, pasalnya tidak akan menyelesaikan masalah dengan berbuat kasar dengan anak sendiri. Ada baiknya melakukan boanding dengan semakin mendekatkan diri dengan anak, selain itu mulai cari tahu apa yang terjadi pada kesehariannya. Ada beberapa solusi untuk menasehati anak dengan baik, bukan dengan bertindak kasar.

4 Cara Paling Efektif Untuk Menasehati Anak Bandel

  1. Anak Menolak Di gandeng Saat Menyeberang

    Ini hal yang cukup berbahaya bukan, anak tidak mau berpegangan tangan dengan orang tua dan berjalan terlebih dahulu. Menyeberang jalan bukan hal kecil, anak bisa berhenti di tengah jalan karena merasa ketakutan. Jangan membentak di tengah jalan, ini akan membuat  anak berlari dan bisa terjadi kejadian yang tidak diinginkan.

    Caranya, cobalah untuk memimpin jalannya anak selama menyeberang, tidak perlu memegang tangannya namun usahakan untuk berada di sampingnya. Setelah itu, cobalah untuk mendekat dan tanyakan baik-baik kenapa ingin menyeberang jalan sendiri padahal berbahaya, jangan salah beberapa anak ingin mencoba mandiri walaupun usianya masih sangat muda.

    Baca juga : Anak Susah Makan Berikan Camilan Untuk Meningkatkan Berat Badan

  2. Anak Tidak Merasa Bersalah Dan Mau Di Hukum

    Anak tentu akan banyak melakukan kesahalan, ini hal normal dan Anda sebagai orang tua harus bisa menertibkannya. Salah satu cara dengan memberikan hukuman karena berbuat nakal, anak bandel cenderung akan membangkang dan mengamuk. Jika Anda turun serta marah, maka anak akan membenarkan tindakan tersebut.

    Cobalah untuk duduk bersama, ceritakan hal yang menurut Anda salah dan dengarkan versi anak. Anda tentu akan menilai dengan bijaksana, setelah itu kenapa tidak menyalahkan diri sendiri dan pura-pura menjalankan hukuman. Anak akan merasa bersalah dan mengakui kesalahannya, inilah waktunya untuk menjalankan hukuman bersama.

  3. Anak Dengan Kebiasaan Pilih Makanan

    Anak bandel sudah jelas tidak akan suka makan sayur dan buah, mereka lebih suka makanan cepat saji dan juga minuman dingin. Padahal ini tidak bagus untuk kesehatan, cara kasar dengan menyuapi tidak akan efektif karena akan dikeluarkan. Ada cara yang lebih baik dan halus, kenapa tidak membuat tantangan untuk makan bersama, siapa yang habis duluan akan mendapatkan hadiah yang disukai anak. Ini tentu akan menyenangkan, maka bersama anak dan semua makanan sehat masuk ke perut anak.

  4. Anak Tidak Mau Ganti Baju

    Anda tentu membiasakan setelah pulang sekolah, langsung ganti baju dan cuci kaki dan tangan. Pasalnya anak akan membawa kotoran, debu dan kuman saat masuk rumah. Namun nantinya, anak akan meniru kebiasaan teman-temannya yang langsung main setelah pulang sekolah, ini tentu membuat Anda marah melihatnya.

    Cara mengatasinya, cobalah untuk memberikan contoh. Setelah pulang kantor, copot sepatu, tempatkan di rak dan ganti baju terlebih dahulu sebelum beraktivitas lainnya. Anak akan mengikuti kebiasaan tersebut, karena ini hal yang di lihat setiap harinya. Setelah itu, bandingkan dengan cerita anak baik, sehingga anak bandel sekalipun tetap memilih untuk seperti anak baik di hadapan orang tuanya.

Bukan hal yang sulit bukan untuk mengatasi aksi lebih dari anak bandel, Anda jangan menggunakan amarah untuk mengatasinya, namun cobalah menjadi contoh baik. Itu akan membuat Anda menjadi pribadi yang di sukai anak-anak, banyak orang tua yang di benci oleh anak karena sering kali melakukan hal kasar seperti membentak dan memukul sehingga anak tidak ingin dekat kembali.

Related Post

Warner Bros Akan Segera Buka Taman Bermain Terbesa... Warnes Bros akan mewujudkan mimpi Uni Emirat Arab (UEA) yang memiliki ambisi untuk mempunyai sebuah wahana bermain yang besar dan mewah. Hal ini meman...
Samsung Menggoda Konsumen Dengan Bocoran Galaxy No... Samsung galaxy note 9 terbaru memang akan segera diluncurkan, sudah pasti semua orang menantikan teknologi baru apa yang akan diberikan pabrikan asal ...
Hari Pertama Sekolah, Cara Mudah Memperkenalkan Ba... Hari pertama sekolah memang sangat menyenangkan, namun ini bisa berubah mengerikan jika anak harus menangis atau tidak mau masuk ke sekolah. Padahal s...
Sony Picture Bocorkan Keseluruhan Film Khali The K... Sony Picture melakukan sebuah kesalahan fatal, dimana seharunya mengunggah trailer atau potongan film 'Khali The Killer' yang berdurasi 1 menit 30 det...