Monday, September 16Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Alasan Mengapa Orangtua Perlu Menemani Anak Belajar

Alasan Mengapa Orangtua Perlu Menemani Anak Belajar

Memasuki masa ujian muncul pula banyak pertanyaan, apakah orangtua perlu mendampingi anak dalam belajar? Tidak banyak orangtua memiliki perhatian khusus untuk mendampingi anak dalam belajar, termasuk dalam saat menghadapi ujian atau ulangan semester. Ada beragam alasan, mulai dari kesibukan orangtua, rasa lelah setelah seharian bekerja atau telah menyerahkan tugas ini melalui bimbingan belajar atau les khusus.

Padahal ada banyak manfaat yang diperoleh anak saat orangtua menemani anak belajar dalam menghadapi ujian, tes atau saat anak belajar sehari-hari atau saat tes. Tidak hanya manfaat secara akademis namun masih banyak lainnya. DIlansir dari laman Sahabat Keluarga Kemendikbud, berikut 5 manfaat orangtua menemani anak belajar di rumah:

  1. Mendekatkan jalinan hati

Hubungan orangtua dan anak terjalin baik itu sangat penting. Jangan sampai masing-masing sibuk dengan sendirinya. Jalinan erat akan menjadikan komunikasi dua arah lancar.

  1. Bantu memecahkan persoalan

Banyak persoalan dihadapi anak. Baik saat belajar ada hal yang tidak bisa dipecahkan, bisa masalah sekolah, atau persoalan lain yang kadang mengganjal. Kalau persoalan terbiasa dipendam sendiri akan berefek tidak baik bagi psikis anak. Sesering mungkin kita mendampingi anak belajar akan mudah membantu anak mengatasi masalahnya.

  1. Anak jadi percaya diri

Kepercayaan diri amat penting bagi anak. Dengan adanya pendampingan belajar, anak menjadi mantap terhadap materi yang dipelajarinya. Penguatan orangtua berdampak positif bagi anak. Percaya diri pun tercipta dan akan menjadikan anak melangkah dengan tenang saat di sekolah atau saat mengerjakan tes.

  1. Anak lebih tenang

Ketenangan akan membuat konsentrasi anak lebih baik. Selain itu, si anak akan lebih mudah mengerjakan dengan hati senang, tak ragu dan tak grogi lagi. Ini akan berpengaruh dalam belajar atau saat mengerjakan soal baik saat tes atau tidak.

Memang secara psikologi, anak-anak jelas akan merasa sangat senang jika kedua orangtua mereka terlibat dalam semua hal-hal yang mereka lakukan. Terutama saat mereka masih dalam usia pertumbuhan. Karena yang paling awal akan mereka duplikasi adalah apa yang telah orangtua mereka lakukan selama ini. Semoga tips tadi bisa membuat kita sebagai orangtua agar selalu senantiasa menemani pertumbuhan anak-anak kita.