Monday, June 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Akibat Buruk Bermain Video Game bagi Kesehatan

Permainan video game dapat membantu memperbaiki fungsi kognitif seseorang, baik anak-anak maupun orang dewasa asalkan dilakukan secara moderat. Jika anda memiliki kebiasaan begadang bermain video game sepanjang malam secara rutin maka anda berisiko mengalami enam masalah kesehatan utama berikut ini.

  1. Gangguan Tidur (Insomnia)


    Permainan video game dapat menyebabkan gangguan tidur (insomnia) karena sifat kecanduan yang ditimbulkannya. Anda mungkin berpikir bahwa begadang untuk bermain video game favorit anda sampai jam 6 pagi selama tiga hari berturut-turut tidak akan membuat anda jatuh sakit. Namun, hal ini sebenarnya dapat menyebabkan gangguan tidur (insomnia) yang membuat diri anda rentan terhadap penyakit lain dalam jangka panjang.

  2. Kelebihan Berat Badan (Obesitas)


    Penelitian telah menemukan bahwa siswa sekolah dan mahasiswa universitas yang menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain video game lebih rentan menderita obesitas, terutama jika orang tersebut juga seorang penderita penyakit autis. Kecanduan bermain video game membuat anda menjalani gaya hidup yang hanya akan membuat anda gemuk dan tidak sehat.

  3. Penyakit Tekanan Darah dan Kardiovaskular


    Pemain video game yang kegemukan dan obesitas berisiko tinggi terkena penyakit tekanan darah dan penyakit kardiovaskular. Cobalah untuk berhenti bermain game Call of Duty dan pergi berlari jika anda ingin menjalani kehidupan yang lebih sehat.

  4. Depresi dan Rasa Cemas Berlebihan (Anxiety)


    Dampak psikologis kecanduan bermain video game adalah depresi dan rasa cemas berlebihan (anxiety). Anda meningkatkan risiko merasa capek dan lelah setiap saat dengan menghabiskan lebih dari dua sampai tiga jam di depan komputer atau TV setiap hari.

  5. Risiko Penyakit Alzheimer


    Ahli saraf mengklaim bahwa bermain video game dapat meningkatkan risiko penyakit Alzheimer. Ini karena kecanduan bermain video game bisa menurunkan aktivitas fungsional otak di hippocampus yang berperan besar dalam pembentukan memori.

  6. Ibu Jari dan Pergelangan Tangan Terasa Sakit


    Memegang joystick selama beberapa jam berturut-turut dapat mengakibatkan banyak tekanan pada ibu jari dan pergelangan tangan anda yang harus bekerja keras terus-menerus. Dokter telah mengamati bahwa banyak pasien muda datang ke klinik mereka dengan kondisi ibu jari dan pergelangan tangan terasa sakit karena bermain video game terlalu lama. Selain itu mata para pecandu permainan video game juga mengalami ketegangan karena menatap layar video game terlalu lama.

Leave a Reply