Thursday, July 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Akhirnya Real Madrid Resmi Membentuk Tim Sepakbola Wanita

Akhirnya Real Madrid Resmi Membentuk Tim Sepakbola Wanita

Selama 117 tahun tidak ada ruang yang diberikan Madrid kepada sepak bola wanita. Padahal klub rival sekota, Atletico Madrid dan Rayo Vallecano, sudah memiliki tim wanita. Keduanya bahkan berlaga di divisi teratas kompetisi sepak bola wanita Spanyol alias Liga Iberdrola. Setelah 117 tahun, akhirnya Real Madrid memberi ruang bagi sepak bola wanita. Per Selasa (26/6/2019), Madrid mengeluarkan pernyataan bahwa mereka resmi membentuk tim wanita.

“Dewan direksi Real Madrid, yang bertemu hari ini, 25 Juni 2019 (waktu Madrid), setuju untuk merger dengan Club Deportivo Tacon demi membentuk tim wanita per 1 Juli 2020,” tulis pernyataan resmi tersebut.

Namun demikian, proses merger ini disebut memakan waktu setahun. Itulah sebabnya, belum akan ada Tim Wanita Madrid di Liga Ibeldrola 2019/20. “Selama 2019/20, tim utama C.D. Tacon akan berlatih dan memainkan pertandingan mereka di Real Madrid City sebagai bagian dari kolaborasi sementara antara kedua klub.”

Itu berarti, Tim Wanita Madrid, apa pun namanya, akan mulai berkompetisi di divisi teratas itu pada 2020/21. Nah, Tacon merupakan tim sepak bola wanita yang juga berasal dari Kota Madrid. Mereka bukan tim yang sudah berumur panjang, tapi baru dibentuk pada 2014.

Mereka bermain di divisi kedua pada musim lalu. Namun, Tacon membuktikan bahwa mereka pantas melangkah ke divisi puncak. Itu merupakan akibat dari keberhasilan menjadi juara Grup 5. Hebatnya, Tacon melewati 2018/19 dengan sempurna alias tanpa kekalahan dengan bekal 70 poin.

Dari 26 pertandingan, 22 laga berakhir dengan kemenangan, sementara empat duel berakhir seri. Soal produktivitas gol, Tacon juga mengesankan. Total, mereka mencetak 74 gol dan hanya kebobolan empat kali pada musim lalu.

Keputusan Madrid untuk membentuk tim wanita dipandang krusial bagi sepak bola wanita Spanyol. Ini bukan hanya tentang dua rival berat Madrid, Barcelona dan Atletico, yang sudah memiliki tim wanita. Tim Wanita Atletico bahkan langganan juara. Sudah ada lima trofi liga yang mereka koleksi. Sementara, Tim Wanita Barcelona menjejak ke final Liga Champions Wanita 2018/19.

Bagaimanapun, Madrid adalah klub raksasa yang memiliki jenama global. Kehadiran Madrid tentu dipandang sebagai kemajuan sepak bola wanita, khususnya di Spanyol. Itu berarti, kelahiran tim wanita tak cuma mendatangkan peluang, tapi juga konsekuensi: Mengejar ketertinggalan sehingga Tim Wanita Madrid tidak sekadar ada.