Wednesday, September 26Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Akhir Bulan Selalu Kehabisan Uang, Lakukan Perubahan Financial Planning

Akhir bulan akan jadi momok menakutkan setiap karyawan kantoran yang tidak bisa mengelola keuangan sendiri, padahal Anda adalah pegawai manajemen keuangan, kenapa tidak bisa membuat financial planning sendiri. Ini akan membuat hidup menjadi lebih tertata, memiliki simpanan uang yang cukup dan tidak terjerat dalam masalah utang.

Hal yang menggiurkan memang memiliki kartu kredit, namun ternyata ini sudah menjerat banyak orang dalam lingkaran masalah yang sama terlilit utang. Kenapa tidak memulai lembaran baru setelah mendapatkan income yang cukup banyak setelah lebaran, pasalnya Anda mendapatkan uang THR yang jumlahnya hampir sama seperti gaji bulanan bukan.

Mulai sekarang cobalah untuk mengubah mindset saat menerima gaji, ini akan membantu Anda di akhir bulan dan membutuhkan uang dalam jumlah besar secara mendadak. Bukan hanya dengan cara menabung, namun mengembangkan uang sehingga bisa mendapatkan keuntungan, sekarang sudah banyak investasi sederhana yang memberikan keuntungan tetap.

Hal pertama yang harus diatasi adalah mengeluarkan berlebih, jangan boros di usia yang sudah mencapai 30 tahun. Ini bukan lagi soal mengikuti apa yang Anda inginkan, melainkan hanya membeli apa yang dibutuhkan. Harus ada sisa dalam setiap akhir bulan, bahkan jika bisa membuat rekening lain untuk menyimpan sejumlah uang saat menerima gaji di awal bulan. Ada baiknya memilih bank lokal tanpa adanya mesin ATM, sehingga menyulitkan untuk penarikan uang.

Belanja dengan menggunakan kartu debit atau kredit memang lebih praktis, tidak perlu membawa uang cash. Namun ini ternyata bisa menghabiskan uang lebih banyak, coba Anda perhatikan di setiap minimarket selalu menetapkan angka minimal untuk pembayaran digital. Anda mau tak mau harus mengikutinya, padahal sudah membuat list pengeluaran sesuai kebutuhan dan menyingkirkan ego untuk kesenangan saja.

Baca juga :mulai atur keuangan agar bebas utang setelah lebaran

Kenapa tidak mengalihkan sisa uang yang ada di tabungan untuk hal yang bermanfaat, misalkan membuka usaha yang Anda mampu kelola sambil bekerja. Sistem online shop sangat menguntungkan, bisnis sampingan ini terbukti mampu membuat banyak wanita memilih resign dari pekerjaan, pasalnya pekerjaan lebih fleksibel dan menyenangkan. Terlebih saat sudah menikah dan menjadi istri sekaligus ibu, Anda memang membutuhkan lebih banyak waktu di rumah.

Terapkan pola hidup sehat dan jangan remehkan penyakit ringan, Anda harus ingat jika sehat itu tak ternilai. Karena saat sakit Anda tidak bisa melakukan apapun, bahkan bisa menguras semua tabungan. Jika memang pendapatan cukup tinggi, kenapa tidak membuat asuransi kesehatan, kini banyak yang bisa menjadi tunjangan di hari tua.

Hal yang harus diterapkan untuk menghindari utang di akhir bulan adalah jangan mengikuti gaya hidup orang lain, Anda tidak akan menjadi keren jika berhasil mengunggulinya. Bahkan bergaya yang tidak sesuai diri Anda sendiri, kenapa tidak jadi diri sendiri dan tampil sesuai apa yang Anda inginkan. Ini akan memperlihatkan jati diri dan inner beauty seseorang.

Satu lagi, jangan mengikuti trend, karena apa yang ada di hari ini belum tentu akan digunakan di masa mendatang. Memang sah saja fasionable, namun sesuaikan dengan style dan karakter Anda, sehingga semua pakaian, aksesori dan hal lainnya yang tidak bisa lagi di uangkan menjadi sesuatu berguna. Jika memang sudah melihat baju terlalu banyak, kenapa tidak mengelar garage sale, lebih baik lagi jika keuntungan diberikan pada yang tidak mampu atau sedang membutuhkan.

Ada banyak sekali solusi untuk mengatasi masalah akhir bulan, ini semua kembali pada pribadi masing-masing. Sekarang saat masih muda dan produktif, tentu tidak akan terasa mengeluarkan biaya berapa pun. Tetapi setelah memasuki usia 45 tahun, Anda sudah tidak mampu lagi bekerja seperti di usia belasan tahun.

Related Post

Kardashian dan Jenner, Bongkar Jumlah Kekayanan Ke... Kardashian dan Jenner adalah klan keluarga Hollywood terkaya, meskipun bukan seorang aktris atau aktor. Keluarga tersebut bahkan sangat terkenal karen...
Pantangan Setelah Makan Besar Supaya Tetap Sehat Lebaran akan jadi momen berkumpulnya seluruh keluarga, bahkan saudara yang berada di luar negeri. Sebagai tuan rumah, Anda tentu akan menyiapkan banya...
Facebook Putus Aplikasi Terhubung Demi Menjaga Pri... Facebook putus aplikasi yang telah terhubung, hal ini memancing rasa kekesalan oleh semua pengguna di dunia. Namun sosial media terbesar di dunia ters...
Kamu Mau Nonton The Nun, Baca Dulu Fakta yang Haru... Kamu suka nonton film horor? Film horor apa yang kamu suka? Suka yang menunjukkan karakter iblis atau setan nyata ataukah lebih suka dengan horor th...

One Comment

Comments are closed.