Monday, September 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Air Garam Mitosnya Dapat Meredakan Sariawan, Apakah Lebih Bagus Dari Obat?

Air garam bukan lagi rahasia untuk mengatasi sariawan, hal ini sudah dilakukan sejak dahulu dan memberiakan hasil memuaskan. Meskipun rasanya sangat menyakitkan ketika berkumur dengan air yang rasanya sangat asing, namun ini terbukti dapat menyembuhkan sariawan hingga rasa sakit yang menyengat.

Sariawan adalah kondisi kekurangan vitamin C, ditambah lagi ada luka pada rongga mulut, bisa jadi karena terbentur, tergigit saat makan atau terjadi luka lainnya. Selain itu, sariawan juga bisa terjadi saat perubahan hormon berlebih dan tubuh mengalami kekurangan zat besi. Ini memang bukan hal serius, namun sangat menyiksa untuk melakukan aktivitas setiap harinya.

Bahkan orang tua akan langsung menyarankan air garam digunakan untuk berkumur untuk mengatasi bahkan menghentikan rasa sakit akibat sariawan, karena sudah sembuh maka tidak dicari lagi penyebabnya. Sebenarnya apa yang bisa menyembuhkan sariawan, air, garam atau kandungan keduanya.

Hal ini dijelaskan secara terperinci oleh drg. Wiena Manggala Putri, dimana menyebutkan jika garam memang memiliki kandungan yang dapat menghisap kelembapan yang terjadi karena proses osmosis, dapat membunuh bakteri penyebab sariawan dan mengurangi bahkan menghilangkan rasa nyeri. Hal ini karena garam memiliki tingkat yodium dan natrium tinggi dan masuk dalam golongan halogen.

Baca juga : Kacang Walnut Terbukti Turunkan Risiko Diabetes Tanpa Efek Samping

Mengapa harus berkumur dengan air garam saat sariawan? Tujuannya untuk membunuh bakteri penyebab sariawan, sehingga Anda tidak akan merasakan sakitnya lagi bukan. Setelah itu, akan mengatasi nyeri menyengat yang ditimbulkan. Garam juga dapat mempercepat proses penutupan luka sariawan, sehingga tidak akan membengkak lagi.

Bagaimana cara membuat air garam yang tepat untuk mengatasi sariawan, cukup larutan satu sendok teh garam beryodium dalam satu gelas air. Larutkan hingga benar-benar bercampur dengan air, kemudian kumur minimal 30 detik dan keluarkan. Jika rasa nyeri masih terasa, ulangi kembali hingga 3 kali dan jangan minum air kumur sisa tadi, sebaiknya dikeluarkan semuanya.

Cara ini memang tidak akan mengatasi sariawan secara langsung, untuk mempercepat proses penyembuhan, sebaiknya banyak makan sayur yang mengandung zat besi dan B12, seperti bayam atau sayuran hijau lainnya. Selain itu, lebih banyak makan buah dan sayur untuk memberikan nutrisi dan vitamin pada mulut.

Larutan air garam memang bukan obat instan yang bisa mengatasi sariawan, namun ini mempercepat proses penyembuhan. Dimana garam memiliki banyak manfaat untuk kulit, tetapi jangan sampai menelan air kumur yang sudah Anda lakukan sebelumnya. Pasalnya banyak mengandung kuman dan bakteri penyebab sariawan.

One Comment

Comments are closed.