Wednesday, July 17Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

8 Tahun Membuat Sejarah Dengan Lengan Bionik ‘Superhero’

Seorang bocah laki-laki Inggris berusia 8 tahun telah membuat sejarah medis sebagai orang termuda dan terkecil yang dilengkapi dengan lengan bionik multigrip canggih, menurut produsennya. Di bagian atas untuk daftar dengan prostesis baru: Tinggi lima temannya. Freddie Cook dipasangi “Pahlawan Arm” -nya minggu lalu, beberapa hari sebelum ulang tahunnya, dalam suatu langkah yang dapat merevolusi perawatan bagi kaum muda dengan “perbedaan anggota tubuh” di Inggris, kata pabrikan Open Bionics.

Freddie dilahirkan tanpa tangan kanan, dan dokter memperingatkan pada saat itu bahwa mungkin lebih dari 20 tahun sebelum teknologi bionik tersedia di Inggris. Suzy Cook, ibu Freddie, mengatakan bahwa kondisi putranya tidak mempengaruhi dirinya di tahun-tahun awalnya, tetapi bahwa ia telah menjadi “sangat sadar diri” dalam beberapa tahun terakhir. Dia “di samping dirinya sendiri dengan kegembiraan” di atas lengan baru dan “tidak sabar untuk menggerakkan jari-jarinya,” katanya.

Prostesis Freddie sebelumnya adalah “seperti boneka” dan hanya menawarkan kontrol terbatas, katanya, menambahkan bahwa ia bersemangat untuk “high-five, berjabat tangan” dan melakukan segala sesuatu yang kebanyakan orang terima begitu saja. Open Bionics menggambarkan lengan sebagai lengan bionik cetak 3D yang disetujui secara klinis pertama di dunia. Startup yang berbasis di kota Bristol, Inggris selatan, mengatakan ini adalah yang pertama mengembangkan teknologi untuk anak-anak semuda 8.

Salah satu pendiri Samantha Payne mengatakan prosthesis Freddie adalah “tonggak sejarah yang hebat.” Dia mengatakan lengan bionik tidak pernah dipasang pada seseorang yang sekecil itu, menambahkan bahwa itu adalah “langkah maju yang bagus.”

Dia mengatakan perusahaan bertujuan untuk “menawarkan pilihan estetika kepada orang-orang dengan perbedaan ekstremitas.” Ini termasuk desain superhero untuk anak-anak. “Kami juga ingin mendorong kaum muda untuk melihat kecacatan atau perbedaan anggota tubuh mereka sebagai kekuatan super mereka, sesuatu yang unik tentang mereka yang harus dirayakan.”

Prostesis ini ringan dan merespons sinyal listrik di otot-otot lengan yang terkena. “Tangan bionik dikendalikan dengan menegangkan otot yang sama yang digunakan untuk membuka dan menutup tangan biologis,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan. Lengan bionik menerjemahkan sinyal-sinyal listrik menjadi serangkaian genggaman dan gerakan, yang memungkinkan kontrol yang jauh lebih besar daripada prostesis lainnya, termasuk mengambil benda-benda halus dan mencengkeram peralatan bermain.

Open Bionics mengembangkan prostesis menggunakan scan atau gips. Proses pencetakan 3D memungkinkan untuk produksi cepat dan relatif murah, memotong biaya hingga £ 100.000 ($ 130.000) untuk prostesis multigrip lainnya menjadi sekitar £ 10.000 ($ 13.000).

Payne mengatakan harga dapat dipotong lebih jauh untuk Layanan Kesehatan Nasional Inggris, karena biaya saat ini termasuk biaya klinis swasta. Teknologi ini dimungkinkan setelah Open Bionics menerima £ 698.000 ($ 903.000) dana NHS untuk uji klinis untuk mendapatkan prostesis yang bersertifikat medis.

Lengan sudah tersedia di sistem perawatan kesehatan publik Prancis tetapi tidak tersedia di NHS di Inggris. Open Bionics telah mengumpulkan dana lebih jauh £ 4,6 juta ($ 5,9 juta) dalam pendanaan, yang memungkinkannya untuk menargetkan pasar internasional termasuk Prancis dan Amerika Serikat.