Monday, December 10Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

5 Manfaat Luar Biasa Buah Anggur Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Anggur

Bukan tanpa alasan jika anggur telah dibudidayakan di Eropa sejak 6000 tahun yang lalu. Rasanya yang lezat dengan kandungan nutrisi yang dimilikinya, membuat anggur tidak saja enak saat disantap langsung, tapi juga dapat dipakai sebagai pelengkap resep masakan, bahan pembuat minumam, bahkan untuk pengobatan.

Khasiat yang terkandung pada buah anggur disebabkan karena kandungan nutrisinya, yakni 70% air dan 20% zat gula sangat baik untuk membantu proses metabolisme tubuh. Disamping itu masih terdapat 10% zat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.  Terdapat pula zat polifenol dan resveratol yang berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah radikal bebas serta mencegah terbentuknya sel kanker. lainnya, yakni: asam glukolat, asam fosfat, zat besi, glukosida, mangan, kalsium, dan sejumlah vitamin lainnya.

Berikut 5 manfaat luar biasa dari buah anggur untuk kesehatan:

1. Bahan Anti Mikroba

Kandungan piceatannol dan resveratrol yang terdapat pada angggur adalah antioksidan yang dapat berfungsi sebagai zat anti mikroba. Zat ini dapat membantu tubuh mencegah berbagai permasalahan yang berhubungan dengan mikroba makanan.

2. Memelihara Kesehatan Jantung

Kandungan zat resveratrol pada anggur juga memiliki kegunaan dalam memacu pelebaran pembuluh darah, sehingga membantu darah untuk dapat mengalir dengan lancar. Dengan dinding pembuluh darah yang semakin melebar, tekanan darah akan mengalami penurunan sehingga darah dapat mengalir ke seluruh area tubuh untuk mengantarkan nutrisi ke sel-sel tubuh dan meningkatkan kadar oksigen.

Baca juga: 5 Jenis Sayuran yang Tetap Mesti Dimakan oleh Pemakan Daging

3. Sumber Vitamin

Avitaminosis atau penyakit yang disebabkan karena kekurangan vitamin, serta penyakit-penyakit lainnya yang membutuhkan asupan vitamin tertentu dalam jumlah yang lebih besar, dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah anggur, karena buah ini memiliki kandungan vitamin yang kompleks dengan kadar yang pas untuk kebutuhan tubuh. Besarnya kandungan vitamin itu pula yang membuat anggur juga sangat baik untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh. Sebab dalam buah anggur terkandung 16 mg vitamin C, atau sekitar 27 persen dari kebutuhan harian tubuh. Selain itu terdapat pula jenis-jenis vitamin lainnya seperti : vitamin A, vitamin E, 22 mcg vitamin K, vitamin B-6, 0,4 mg thiamin, asam pantotenat, folat, beta karoten, dan alpha karoten. Dengan tercukupinya kebutuhan akan vitamin akan membuat fungsi setiap organ tubuh dapat berjalan dengan benar sehingga dapat mengurangi risiko kesehatan.

4. Membantu Pemulihan Otot

Kandungan antioksidan yang kuat pada anggur dapat membantu sel-sel dan organ tubuh dalam menetralkan asam urat dan racun lainnya sserta membantu pemulihan cidera pada otot tubuh.

5. Mencegah Kanker

 Zat reservatol pada anggur juga memiliki kegunaan untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh.

Related Post

Misteri Dibalik Trailer Pertama Venom Jika Anda memperhatikan dunia film, Anda pasti tahu bahwa film komik ada di mana-mana. Dengan tiga alam semesta bersama yang saat ini merilis blockbus...
Penderita Tekanan Darah Tinggi Tetap Bisa Puasa De... Menjalankan puasa memang jadi tantangan tersendiri, apalagi kini sedang memasuki musim panas sehingga akan terasa lebih menyiksa. Namun ini lebih me...
Mitos Atau Fakta, Hamil Muda Dilarang Berhubungan ... Hamil muda memang fase yang cukup rentan, ini akan terjadi pada wanita yang mengandung di trimester awal. Apalagi untuk ibu yang baru hamil anak perta...
Risiko Terkena Diabetes Akibat Pencahayaan Terlalu... Anda tentu ingin bangun di pagi hari dengan kondisi segar dan bersemangat, sehingga membuat waktu tidur di malam hari menjadi lebih berkualitas. Terny...

One Comment

Comments are closed.