Monday, November 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

5 Jenis Sayuran yang Tetap Mesti Dimakan oleh Pemakan Daging


Ada berbagai manfaat kesehatan yang didapatkan dari memakan sayur-sayuran, terutama jika anda memasukkan lebih banyak sayuran cruciferous ke dalam menu makanan anda sehari-hari. Sayuran Cruciferous adalah salah satu keluarga sayuran yang memiliki serat tinggi, kaya mineral, beta-karoten, asam folat, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.

Sayuran yang termasuk dalam kelompok cruciferous ini tidak hanya dikenal dengan kandungan phytochemicals, nutrisi, dan antioksidannya. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Dietetic Association, konsumsi sayuran cruciferous juga dapat melindungi anda dari berbagai jenis kanker.

1. Kembang Kol atau Bunga Kol (Cauliflower)

Sayur bunga kol atau kembang kol mengandung banyak nutrisi antioksidan seperti vitamin C, mangan, quercetin, asam caffeic dan kaempferol yang mencegah timbulnya berbagai jenis kanker. Kandungan serat sayur bunga kol membantu membersihkan usus besar secara alami dan kalori yang dimiliki tergolong rendah sehingga cocok dikonsumsi oleh mereka yang menjaga berat badan.

2. Kol atau Kubis (Cabbage)

Sayur kol tidak mengandung kolestrol dan memiliki banyak serat yang membantu menjaga kesehatan jantung. Selain itu kol juga mengandung asam amino glutamine yang memiliki sifat anti-inflamasi yang mengurangi peradangan dan menjaga organ vital tubuh anda tetap sehat. Sulforaphane yang tergolong zat fotonutrient dapat ditemukan pada sayur kol yang berfungsi mencegah kanker dengan mengurangi efek serangan zat-zat yang menyebabkan kanker (karsinogen) pada tubuh.

3. Brokoli (Broccoli)

Sayur brokoli kaya akan serat makanan, vitamin penting seperti vitamin A, C, dan K serta mineral seperti seng (zinc), zat besi (iron), dan fosfor. Brokoli memiliki sifat melindungi tubuh dari bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan manusia sehingga efektif dalam upaya penyembuhan pasien kanker. Selain itu brokoli juga dapat mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol di dalam tubuh, menjaga kesehatan jantung, dan mengurangi risiko diabetes tipe 2.

4. Selada

Sayur selada membantu membuang racun dari dalam tubuh dan meningkatkan produksi empedu yang membantu mengendalikan kolesterol dalam tubuh. Semua ini pada gilirannya membantu mengurangi risiko terkena penyakit kanker. Selain itu, sayur selada juga membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan kemampuan penglihatan.

5. Tauge

Tauge kaya dengan asam folat, serat, vitamin A, dan vitamin C. Selain mengurangi risiko kanker, tauge juga mengandung lutein yang dapat meningkatkan kesehatan mata.

Related Post

Kebiasaan Telat Makan Malam Dapat Memicu Risiko Ka... Kebiasaan telat makan malam memang kini banyak terjadi, biasanya karena Anda telat pulang dan memilih untuk tetap berada di kantor setelah after offic...
Sony Picture Bocorkan Keseluruhan Film Khali The K... Sony Picture melakukan sebuah kesalahan fatal, dimana seharunya mengunggah trailer atau potongan film 'Khali The Killer' yang berdurasi 1 menit 30 det...
Tenaga Honorer Berpeluang Besar Jadi Pegawai Neger... Para tenaga kerja honorer di Kementerian dan lembaga Pemerintah diberi perlakuan khusus untuk mendaftar CPNS 2018 yang berupa kesempatan untuk dapat...
Ini Dia Petugas ATC Bandara Palu Yang Korbankan Ny... Pada hari Jumat petang Indonesia kembali berduka saat terjadi Gempa Bumi dan juga Tsunami di Donggala dan Palu. Gempa berkekuatan 7,4 SR itu mempora...

2 Comments

Leave a Reply