Tuesday, May 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

5 Efek Negatif Aneh Media Sosial pada Otak Anda

Menurut penelitian baru, kebiasaan jejaring sosial anda mungkin memengaruhi otak anda lebih dari yang anda tahu.

Mungkin membuat anda menghabiskan lebih banyak uang

Penelitian baru menunjukkan bahwa penggunaan media sosial yang berat mungkin berkorelasi dengan kontrol diri yang lebih rendah, yang diyakini para pakar pemasaran dapat menyebabkan pengeluaran yang lebih tinggi. Pada akhirnya, cara anda menangkal ini adalah dengan meningkatkan kesadaran diri anda. Ini bukan tentang tidak menghabiskan waktu di Facebook, tetapi hanya menyadari apa yang mungkin terjadi pada anda.

 

Itu mengubah nafsu makan anda

Menurut Women’s Health, foto “pornografi makanan” dapat mengaktifkan pusat penghargaan otak dan memaksa pemirsa untuk makan berlebihan, satu studi menunjukkan bahwa bahkan melihat gambar makanan setelah makan dapat memicu rasa lapar.

Ini mengacaukan kemampuan anda untuk berpikir secara mandiri

Satu studi dari HP Labs menemukan bahwa orang lebih terbuka terhadap tekanan teman sebaya dalam jejaring sosial. Subjek lebih cenderung berubah pikiran tentang “menyukai” hal-hal tertentu (satu bayi yang lucu atas yang lain, misalnya) jika cukup waktu telah berlalu dan mereka dapat melihat bahwa pihak lain bahkan cukup populer.

Itu menyakiti harga dirimu

Ketika dua universitas Jerman bergabung untuk menyelidiki jejaring sosial, para peneliti menemukan bahwa satu dari tiga orang yang disurvei merasa lebih buruk (“kesepian, frustrasi atau marah”) setelah menghabiskan waktu di Facebook, sering kali disebabkan oleh ketidakmampuan yang dirasakan ketika membandingkan diri mereka dengan teman.

Itu bisa “membantai” percakapan kehidupan nyata

Susan Greenfield dari Universitas Oxford telah membandingkan obrolan online dengan membeli daging yang sudah dikemas di sebuah toko. Mungkin generasi masa depan akan mundur dengan horor yang sama pada kekacauan, ketidakpastian dan keterlibatan pribadi langsung dari interaksi tiga dimensi, waktu nyata.