Friday, July 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

3 Makanan Sehari-Hari Yang Memperburuk Kekeringan

Hampir 5 miliar orang bisa berjuang dengan kekurangan air pada tahun 2050 karena perubahan iklim, menurut PBB. Sudah, lebih dari 25% tanaman dunia ditanam di daerah dengan kekurangan air yang parah, menurut World Resources Institute. Di banyak negara, petani memanfaatkan air tanah untuk mengairi tanaman mereka, terutama selama periode curah hujan terbatas, dan para ahli memperingatkan bahwa irigasi berkontribusi terhadap kekurangan air di daerah rawan kekeringan.

Di sini, kita melihat lima makanan padat-air setiap hari yang menggunakan air berharga di daerah-daerah yang kekurangan pasokan.

Kacang almond dari California

Sekitar 80% almond dunia ditanam di California. Dibutuhkan 12 liter air untuk menumbuhkan hanya satu buah badam California. Sekitar 80% almond dunia ditanam di California. Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa antara 2004 dan 2015, dibutuhkan rata-rata 12 liter air untuk menumbuhkan hanya satu kacang almond California, dan petani kacang almond sangat bergantung pada irigasi dan cadangan air tanah untuk menyirami tanaman mereka.

Produksi almond menggunakan sekitar 2 triliun liter air per tahun dan berkontribusi besar terhadap penipisan air tanah dan degradasi tanah, menurut Profesor Yoshihide Wada, wakil direktur program air di Institut Internasional untuk Analisis Sistem Terapan. Tingkat air tanah di Lembah Tengah, tempat sebagian besar tanaman almond ditanam, turun hampir setengah meter per tahun selama kekeringan tujuh tahun bersejarah California pada tahun 2011, menurut sebuah studi oleh Cornell University.

Alpukat dari Petorca, Chili

Di Petorca kering di Chile, setiap hektar alpukat yang dibudidayakan membutuhkan 100.000 liter air irigasi sehari. Dibutuhkan rata-rata 2.000 liter air, 10 bathtub penuh, untuk menumbuhkan hanya satu kg alpukat, menurut Water Footprint Network, sebuah organisasi Belanda yang mengadvokasi pengelolaan sumber daya air yang lebih baik.

Konsumsi air favorit brunch adalah empat kali jumlah yang dibutuhkan untuk menghasilkan jumlah jeruk atau satu kilogram tomat yang sama, menurut jaringan. Dalam dekade terakhir, impor alpukat global meningkat lebih dari 10% setiap tahun, menurut Wada. Meningkatnya permintaan memberi tekanan pada petani yang dilanda kekeringan di provinsi Petorca, Chili, yang terpaksa menggunakan air tanah yang berlebihan dan mengalihkan air dari sungai yang kosong, katanya.

Tebu dari Pakistan

“Tebu adalah salah satu tanaman yang paling intensif air,” menurut Wada. Diperlukan rata-rata 210 liter air untuk menghasilkan satu kg tebu. Jejak air gula rafinasi adalah 1.780 liter air, sembilan bak penuh, per kilogram, menurut Water Footprint Network.

Pada 2017, mantan wakil direktur eksekutif Program Lingkungan PBB mengatakan bahwa “sama sekali tidak ada pembenaran di Pakistan untuk tebu.” “Tebu seperti menanam pohon, seperti menumbuhkan hutan, dalam jumlah air yang dikonsumsi. Dan tingkat pemulihannya, jumlah gula yang Anda dapatkan dari satu liter jus tebu adalah yang terendah di dunia,” kata Shafqat Kakakhel.┬áDi Pakistan, 80% dari pasokan air untuk tebu berasal dari irigasi dan cadangan air tanah, menurut Water Footprint Network.