Saturday, August 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

3 Alasan Teratas Mengapa Anda Harus Beristirahat Ketika Melatih Tubuh

3 Alasan Teratas Mengapa Anda Harus Beristirahat Ketika Melatih Tubuh

Ketika membicarakan seorang atletik profesional, mereka memiliki musim yang pasti. Di akhir musim, volume pelatihan ditingkatkan dan program didasarkan pada kelebihan progresif, strategi yang meningkatkan kesulitan latihan saat tubuh atlet menyesuaikan dari waktu ke waktu. Pelatihan sebenarnya menciptakan robekan mikro di otot. Jangan khawatir Ini adalah hal yang baik, asalkan otot diberi waktu yang cukup untuk membangun kembali setelah mereka robek. Ketika membangun kembali, serat menjadi lebih tebal dan lebih kuat dari sebelumnya. Ini adalah bagaimana kita mendapatkan kekuatan dan otot. Latihan awal didasari membangun fondasi, dan sediakan waktu untuk istirahat yang memungkinkan tubuh untuk memulihkan dan membangun kembali.

Berikut adalah tiga alasan utama untuk mengambil setidaknya satu hari istirahat saat pelatihan

1. Hindari Sistem Kelelahan Saraf Pusat

Mengangkat beban membebani sistem saraf pusat (SSP). Kita bisa merasakan nyeri otot tetapi sering tidak menyadari kelelahan CNS. CNS dapat memakan waktu pulih hingga dua kali lebih lama dari otot untuk pulih dari pelatihan yang intensif, dan kelelahan CNS dapat berarti peningkatan risiko cedera, masalah tidur, dan pikiran yang kacau.

2. Cegah Overtraining

Jika tubuh dipaksa untuk latihan cukup lama, ini dapat menyebabkan overtraining. Overtraining tidak hanya membutuhkan waktu yang sangat lama untuk pulih, tetapi juga terasa menyakitkan. Nyeri otot yang sedang berlangsung, insomnia, sakit kepala, peningkatan denyut jantung dan depresi hanyalah beberapa gejalanya.

3. Cek Cortisol Anda secara berkala

Pelatihan terlalu lama tanpa hari pemulihan juga dapat meningkatkan kortisol Anda atau sering disebut dengan “stres hormon.” Efek samping utama dari kortisol tinggi adalah menambah beban berlebih di bagian tengah tubuh.

Semua masalah ini dapat dengan mudah dihindari dengan mengambil hari untuk rehat dan memulihkan kondisi tubuh. Lakukan olahraga ringan seperti berjalan, pergi untuk bersepeda,  atau berlatih yoga untuk meregangkan otot tubuh. Hal ini juga dapat membantu mengatasi nyeri otot, karena akan meningkatkan sirkulasi di seluruh tubuh. Hari-hari istirahat direncanakan secara strategis untuk membantu Anda beradaptasi dengan intensitas yang semakin meningkat seiring kemajuan latihan kebugaran Anda.