Saturday, February 24Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

10 Keajaiban Dunia Zaman Kuno Yang Mesti Anda Kunjungi

Awalnya ada tujuh keajaiban dunia di zaman kuno tetapi sekarang hanya satu yang tersisa . Untungnya ada beberapa replika yang sangat baik diciptakan untuk menggantikan yang sudah tidak ada di dunia ini sehingga kita benar-benar bisa mendapatkan gambaran yang mirip dengan aslinya. Ketika melihat gambar-gambar ini maka menjadi jelas mengapa objek-objek ini dianggap sebagai keajaiban besar dunia. Semula daftar asli ini ada sebanyak 7 objek lalu bertambah 3 objek sehingga total ada 10 objek –  satu dari zaman Romawi kuno, satu awalnya ada dalam daftar kemudian dikeluarkan, dan satu lagi dari Ethiopia yang masih berdiri hingga saat ini.

  1. Piramid di Giza (2584–2561 SM – Masa Sekarang)


    Ini adalah satu-satunya objek dari tujuh keajaiban dunia asli yang masih berdiri hingga saat ini. Anda tidak dapat melihat bentuk yang asli seperti pada awalnya dibangun meskipun anda dapat mengunjungi objek ini untuk melihatnya di zaman sekarang. Seluruh piramid dilapisi dengan ubin batu kapur putih yang sangat halus di bagian luar. Piramid akan bersinar di bawah terik matahari negara Mesir yang panas. Sayangnya gempa bumi pada tahun 1300 melonggarkan sebagian ubin dan akibatnya ubin-ubin ini dibawa pergi untuk digunakan membangun masjid.

  2. Gerbang Ishtar (575 SM – Masa Sekarang)

    Gerbang Ishtar (delapan gerbang Babel) sebagai bagian dari dinding/tembok kerajaan Babylonia kuno masuk dalam daftar asli 7 keajaiban dunia. Bagian dinding tersisa dan sebagian telah dibangun kembali. Replika dibangun pada tahun 1930-an di Berlin menggunakan bagian asli dari Gerbang Ishtar. Itulah gambar yang anda lihat di atas. Ini cukup mengesankan dan jika dikembalikan ke tempat asalnya tentu akan menjadi keajaiban modern yang baru.

  3. Kuil Artemis di Ephesus (550 SM – 262)

    Dalam foto di atas terlihat model rekonstruksi ulang dari kuil Artemis yang merupakan sebuah kuil (temple) yang didedikasikan untuk putri dari dewa Zeus. Putri dari dewa Zeus ini setara posisinya dengan Dewi Diana yang disembah oleh orang Romawi kuno. Kuil ini dibangun kembali sebanyak tiga kali, namun akhirnya hancur dalam serangan oleh bangsa Goth yang menggeledah dan membakar sisa-sisa bangunan. Sungguh menyedihkan semua yang tersisa saat ini hanya satu bagian (single column) di reruntuhan bangunan.

  4. Patung Zeus di Olympia (435 SM – Abad 5 & 6 Masehi)

    Patung yang besar ini terletak di kompleks kuil yang didedikasikan untuk dewa Zeus yang merupakan dewa tertinggi bangsa Yunani kuno. Patung ini sangat besar sehingga banyak yang mengatakan bahwa patung ini dapat merobohkan atap kuil jika diberdirikan. Seluruh patung ini terbuat dari gading dan emas yang dilapisi perunggu sehingga dapat dibayangkan berapa banyak biaya dan tenaga yang dikeluarkan untuk membangun patung ini. Bagaimana patung ini hilang atau hancur tidak sepenuhnya jelas, tapi amat mungkin disebabkan oleh api yang membakar kuil.

  5. Mausoleum di Halicarnassus (351 SM – 1494)

    Gambar di atas adalah foto House of the Temple di Washington DC. Ini adalah tempat dilakukannya ritual Scottish oleh pengikut organisasi Freemasonry. Bangunan ini dirancang menjadi sebuah replika yang sama persis dengan makam (mausoleum) di Halicarnassus yang sudah tidak ada. Makam (mausoleum) asli dibangun untuk seorang gubernur kerajaan Persia kuno yang bernama Mausolus. Bangunan tersebut dikatakan amat indah sehingga Mausolus menjadi sumber dari kata bahasa Inggris untuk bangunan pemakaman di atas tanah. Gempa bumi akhirnya merobohkan bangunan ini dan pasukan Hospitaller Knights di abad pertengahan pada akhirnya menggunakan batu-batu yang tersisa untuk memperkuat benteng di sekitar daerah tersebut saat mereka melakukan invasi ke Halicarnassus.

  6. Patung Colossus di Rhodes (292/280 SM – 226 SM)

    Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Anda melihat foto Patung Liberty di atas. Itu karena patung Liberty dirancang dan dibangun dengan skala dan desain yang sama dengan patung Colossus kuno yang ada di Rhodes. Hal ini setidaknya memberikan anda gambaran tentang seberapa besar patung Colossus di zaman dahulu dan mengapa patung tersebut masuk dalam daftar 7 keajaiban dunia untuk dilihat. Gempa di Rhodes pada tahun 226 BC menghancurkan patung yang telah berdiri selama hampir 900 tahun. Sisa-sisa reruntuhan dari patung ini dijual oleh pasukan Muslim yang saat itu melakukan invasi ke daerah Rhodes pada seorang pedagang Yahudi yang kemudian menjualnya kembali sebagai barang bekas.

  7. Lighthouse of Alexandria (1303–1480)

    Foto di atas adalah replika mercusuar (lighthouse) di Alexandria yang dapat ditemukan di negara China. Mercusuar yang asli dulu berdiri di pulau Pharos dan dirancang untuk memandu para pelaut ke pelabuhan Alexandria. Mercusuar ini hancur oleh gempa bumi dan akhirnya sebuah benteng abad pertengahan dibangun di lokasi yang sama dari sisa reruntuhan.

  8. Obelisk of Axum (Abad ke-4 Masehi – Masa Sekarang)

    Obelisk Axum ada di dalam daftar ini karena benar-benar merupakan sebuah keajaiban dunia yang kuno meskipun tidak pernah masuk dalam daftar 7 keajaiban dunia di zaman dahulu kala. Hal ini mungkin karena lokasi Ethiopia terlalu jauh sehingga sulit melakukan perjalanan ke daerah tersebut di zaman dahulu kala dan daftar 7 keajaiban dunia yang disusun oleh Antipater Sidon merupakan pedoman bagi para turis/pelancong di zaman dahulu. Obelisk ini dirancang sebagai penanda daerah pemakaman di zaman dahulu kala. Kaum fasis yang menaklukkan Ethiopia pada tahun 1937 membongkar bangunan ini dan membawanya ke Roma. Bangunan ini dikembalikan di tahun 2005 ketika hubungan antara negara Italia dan Ethiopia membaik.

  9. Colosseum (70/80 Masehi – Masa Sekarang)

    Di gambar terlihat bagaimana besarnya bentuk Colosseum di Roma sebelum rusak oleh gempa bumi besar pada tahun 1349. Bangunan ini kemudian digunakan oleh kelompok-kelompok agama (religious orders), perumahan, dan bahkan sebagai areal kuburan. Batu dari bangunan Colosseum ini dijarah selama berabad-abad dan digunakan di bangunan lainnya.

  10. Pemandian Romawi Kuno di Kota Bath, Inggris (836 SM – Masa Sekarang)

    Bangunan pemandian peninggalan dari zaman Romawi kuno yang terkenal di Somerset adalah rekonstruksi dari bangunan pemandian yang sebelumnya telah hancur. Bangunan ini masih berfungsi, tidak seperti keajaiban dunia lain dalam daftar ini yang kebanyakan sudah tidak berfungsi. Pemandian ini hancur pada abad keenam. Pembangunan kembali pemandian ini dilakukan dari waktu ke waktu dengan tambahan terbaru dibangun pada akhir 1800-an. Pemandian ini awalnya dibangun oleh raja Inggris yang bernama Bladud dan bangsa Romawi kuno berkontribusi dalam desain dan pembangunannya pada abad pertama Masehi.

Leave a Reply