Tuesday, November 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

10 Cara Ampuh Agar Sperma Sang Suami Sehat Selalu

Hai para istri yang sayang suami, kali ini admin akan berbagi artikel untuk suami kamu. Meskipun para ibu yang akan mengandung bayi selama 9 bulan, sang ayah alias suami kamu ternyata peran penting juga lho. Spermanya akan mempengaruhi kehamilan beserta kesehatan si bayi nantinya. Nah untuk menjaga kesehatan sperma sang suami, ada tipsnya lho. Disimak ya sis.

  1. Selalu cek berat badan sang suami
    Berat badan yang berlebihan atau terlalu kurus mempunyai pengaruh yang jelek terhadap sperma seorang pria, bahkan asal kamu tahu, berat badan yang tidak sesuai dapat memadamkan nafsu birahi dan performa sang suami di ranjang lho. Untuk itu, kamu perlu menjaga pola makan sehat yang mengandung campuran aneka buah, sayur-sayuran, protein tanpa lemak, gandum dan susu. Selain itu ajak si suami untuk sering berolahraga dalam seminggu.
  2. Perbanyak konsumsi asam folat
    Asam folat tidak hanya penting untuk ibu mengandung lho. Berdasarkan hasil studi para peneliti di universitas Barkeley di California, pria yang memiliki kadar asam folat yang rendah dalam dietnya cenderung memiliki kromosom yang tidak normal dalam spermanya. Tentunya kromosom yang tidak normal tersebut jika dibuahi bersama sel telur tentunya berpotensi mengalami keguguran hingga cacat kelahiran. Cukup beri sang suami makanan atau multivitamin yang kaya akan asam folat ini, seperti kacang-kacangan, sayuran hijau, gandum, buah jeruk, sereal, gandum, roti hingga pasta sehingga kebutuhan harian 400 mg asam folat terpenuhi.
  3. Hentikan kebiasaan merokok
    Usahakan 3 bulan sebelum berencana hamil, ada baiknya ajak suami kamu untuk bebas rokok selama jangka waktu itu. Karena menurut pakar bahwa produksi sperma biasanya membutuhkan waktu 3 bulan, sehingga apa yang pria lakukan hari ini tidak akan langsung nampak hasilnya sebelum 3 bulan berlalu. Dan minta sang suami juga meniadakan konsumsi obat-obatan, karena mereka akan merusak kualitas sperma pastinya.
  4. Berhenti meminum alkohol
    Sama seperti konsumsi rokok, kebiasaan yang satu ini juga hendaknya dikurangi. Selain mengurangi produksi sperma dan menyebabkan ketidaknormalan sperma, performa di atas ranjang sewaktu mabuk juga tidaklah bagus.
  5. Kunjungi dokter
    Lakukan checkup menyeluruh sebelum memutuskan untuk memiliki anak. Sang dokter akan memberikan segala imunisasi yang dibutuhkan untuk mencegah penyakit menular selama kehamilan.
  6. Kurangi konsumsi kafein
    Batas konsumsi kafein harian yang disarankan dokter (termasuk kopi, teh, coklat hingga minuman berenergi) adalah 300 miligram sehari.
  7. Perbanyak olahraga
    Stress dapat memicu ketidaknormalan kualitas sperma dan mengurangi konsentrasi. Sebagai istri yang baik, kamu boleh meluangkan waktu bersama suami dan teman-temannya untuk melakukan aktifitas olahraga agar terhindar dari stress.
  8. Cek obat-obat yang dikonsumsi
    Beberapa jenis obat dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas sperma sang suami. Ada baiknya konsultasi dengan dokter untuk mendapat alternatif obat yang lebih bagus untuk kesuburan.
  9. Jaga suhu tetap adem
    Pakar mengungkapkan, “Ada alasan kenapa testikel pria bergelantungan di luar tubuh pria. Produksi sperma berlangsung di suhu tertentu, dan meskipun jika tubuh kita menjadi terlalu panas, testikel di luar tetap akan sejuk.” Mintalah sang suami untuk mengurangi kebiasaan mandi air panas, sauna, ruang uap hingga penggunaan laptop pangku.
  10. Jauhi racun
    Jika suami kamu bekerja di lingkungan penuh kimia atau racun, pastikan suami terlindungi dari kontak racun lewat pemakaian masker, dan pelindung lainnya.

Leave a Reply